6 Cara Membangun Tim yang Efektif! Nomor 3 Paling Efektif!

Sobat Buku | 2023-07-08 16:12:47 | 9 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sobat sebagai pelaku usaha ataupun pekerja kantoran pasti seringkali berada di situasi dimana perlunya kerjasama dengan tim kerja untuk mencapai tujuan tertentu. Kerjasama tim dalam sebuah bisnis merupakan kunci penting untuk mencapai sebuah target. Tapi seringkali terbentuk tim kerja yang kurang efektif sehingga tidak dapat mencapai tujuan dengan maksimal.  

 

Cara Bangun Kerja Sama Tim yang Solid 

Membentuk tim kerja yang efektif rupa nya tidak mudah untuk dilakukan. Bukan hanya tentang menemukan dan menggabungkan sekelompok orang dengan keterampilan yang profesional. Melainkan, mencocokan setiap karakter dari setiap individu menjadi komponen kunci dari sebuah tim.  

Dengan bekerja sama, maka diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang tidak dapat dipecahkan secara individu. Berikut beberapa langkah yang dapat Sobat lakukan untuk membentuk kerjasama tim yang baik dan efektif.  

  • Perencanaan yang Jelas 

Target harap dibuat se-realistis mungkin dengan melakukan perencanaan secara jelas sehingga dapat menjadi tolak ukur kemampuan tim dalam mencapai target. Target yang realistis akan membantu tim lebih percaya diri dalam mencapai target. Pemimpin dari tim kerja harus bisa bertanggung jawab terhadap tim tersebut, terlihat mudah tapi hal itulah yang seringkali menjadi tantangan setiap tim. Sebagai pemimpin, menemukan prioritas dan menilai kinerja tim setiap saat harus bisa dilakukan dengan baik. Setiap prioritas nya harus bisa diatur secara cermat.  Ada baiknya juga jika tim dibentuk secara inklusif dan beragam. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan perspektif yang berbeda – beda sehingga dapat membawa ide – ide baru. Pemimpin juga harus bisa memberikan tugas dan tanggung jawab kepada setiap anggota secara terperinci sehingga mengurangi potensi konflik dengan anggota lainnya.  

  • Teamwork Culture 

Dalam bekerjasama berbentuk tim pastinya ada perilaku atau budaya kerja yang diperbolehkan serta yang tidak diperbolehkan. Ada baiknya jika pemimpin dapat menetapkan beberapa pedoman mengenai budaya kerja sama tim. Hubungan baik yang dibentuk anggota tim sangat krusial dalam kerja sama tim. Pastikan rasa saling percaya setiap anggota terbangun dalam tim, jika tidak maka pekerjaan akan terhambat dan terancam gagal. Rasa saling menghargai setiap anggota juga sama pentingnya. Apresiasi setiap pencapaian tim, karena motivasi dan juga kekompakan tim sangat penting untuk membuktikan setiap usaha yang dikeluarkan sangat dihargai apalagi jika bisa mencapai target. 

  • Komunikasi yang Jelas 

Komunikasi sangat penting untuk mendapatkan kerja sama tim yang optimal. Komunikasi sudah menjadi hal yang dilakukan sehari – hari, akan tetapi dalam kerjasama tim, komunikasi bisa menjadi aspek menantang dalam bekerja dengan tim. Komunikasi yang kuat membantu meningkatkan kepercayaan satu sama lain. Untuk menjalin komunikasi yang baik, maka Sobat bisa mencoba untuk mengadakan acara bersama dengan anggota tim secara rutin, misalnya sebulan sekali. Hal ini bertujuan agar setiap anggota dapat saling mengakrabkan diri satu sama lain dan para anggota saling bersinergi satu sama lain.   

  • Berikan Ruang Untuk Memberikan Aspirasi 

Perlu diketahui, komunikasi menjadi pendorong dalam membentuk tim kerja yang efektif dan sukses. Tidak perlu mengadakan rapat atau pertemuan setiap hari nya untuk memfasilitasi komunikasi tersebut. Berikan kepercayaan kepada tim untuk mengambil sebuah keputusan, karena tim yang tidak memiliki kekuatan untuk mengambil keputusan secara mandiri bisa memberikan dampak buruk kedepannya terhadap optimalisasi pekerjaan. Dengan kesempatan untuk memecahkan masalah, tim dapat bekerja sama untuk meningkatkan kreativitas dan mengasah skill problem solving mereka. Pemimpin juga harus terbuka akan kritik serta saran sehingga para anggota merasa di apresiasi.  

  • Evaluasi Kinerja Tim 

Sering dilewatkan, tapi hal ini merupakan salah satu hal penting dalam kerja sama tim, yaitu evaluasi. Pastikan Sobat berdiskusi dengan para anggota tim mengenai kemajuan yang telah dicapai hingga karyawan bisa melihat progress dari kesuksesan mereka serta tantangan apa saja yang sudah dan akan dilewati. Selain itu, diskusikan juga tentang standar kerja kedepannya bersama dengan anggota tim serta tujuan atau plan kedepannya. Seperti mengetahui apa yang harus diperhatikan dalam melakukan pekerjaan nantinya, tindakan apa saja yang harus diambil kedepannya untuk mencapai kesuksesan tim. Gunakan juga evaluasi sebagai kesempatan untuk meluruskan konflik dalam tim kerja yang mungkin saja timbul sebelum nya karena perbedaan kepentingan atau pendapat. Berikan rasa empati dan juga komunikasi yang baik untuk membangun tim kerja. 

 

Dapat disimpulkan bahwa hubungan baik para anggota tim menjadi kunci penting dalam kerja sama tim. Dengan tujuan yang sama, maka diharapkan hal – hal diatas dapat membantu dalam menciptakan tim kerja yang berkualitas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya!  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

 

Article is not found
Article is not found